Ticker

6/recent/ticker-posts

7 Khasiat Tersembunyi Minyak Kelapa Untuk Tubuh


Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni, merupakan salah satu produk olahan dari kelapa yang sudah digunakan sejak dulu. Nutrisionist sekaligus dokter asal Amerika, Dr. Bruce Fife, N.D, mengatakan bahwa minyak kelapa adalah minyak tersehat di muka bumi.

Dilansir dari laman Coconut Research Center, minyak kelapa mengandung anti oksidan yang tinggi, senyawa MCT (Medium-Chain-Triglycerides), asam lauric, asam caprylic, dan asam capric, yang berguna bagi tubuh, lho!

1. Minyak kelapa sebagai lotion alami untuk kulit

Seperti dilansir dari laman Coconut Research Center, Minyak kelapa mengandung MCT (Medium-chain-Triglycerides) yang dapat bertindak sebagai pelembab alami untuk kulitmu.

Kandungan ini memungkinkan minyak kelapa meresap dan menutrisi kulit, hingga ke dalam. Selain itu, kandungan anti oksidan, di dalam minyak kelapa melindungi kulitmu dari lingkungan dan radikal bebas. Sehingga dapat menjadi anti-aging, bahkan pelindung dari sinar matahari.

2. Pengganti kondisioner

Kandungan minyak kelapa yang kompleks dapat dijadikan sebagai sumber nutrisi untuk rambut. Menurut laman Organic Facts, kandungan asam lemak di dalam minyak kelapa mampu menutrisi rambut dari dalam hingga ke bagian luar rambut.

Mulai dari menyediakan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut agar lebih sehat, minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pengganti deep conditioner dan penghilan menghilangkan ketombe. Caranya cukup dengan dioleskan pada rambut setelah menggunakan shampoo.

3. Mengobati infeksi yang disebabkan oleh parasit

Dilansir dari laman Healthline, asam Lauric merupakan senyawa yang hanya ditemukan pada ASI dan minyak kelapa. Di dalam tubuh, senyawa ini diubah menjadi monolaurin, yang mampu menghancurkan bakteri dan virus yang menginfeksi seperti influenza, hepatitis C, bahkan HIV. Monolaurin juga dipercaya mampu menghilangkan kurap pada kaki.

4. Menguatkan sistem imun

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, kandungan lemak jenuh yang unik pada minyak kelapa mengandung anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan anti parasit lainnya yang dapat membantu menguatkan sistem imun tubuhmu. Minum minyak kelapa murni secara rutin, dipercaya mampu menurunkan risiko terserang penyakit.

5. Melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan

Menurut laman Coconut Research Center, senyawa MCT yang sangat kecil dan terkandung di dalam minyak kelapa, dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Dimana dapat menyebabkan sedikit ketegangan pada pankreas dan sistem pencernaan, dibandingkan dengan jenis makanan dan minyak lainnya. Sehingga penderita penyakit seperti diabetes, obesitas, dan kantong empedu dapat memanfaatkan kandungan dari minyak kelapa ini.

Selain itu kandungan asam lemak pada minyak kelapa, dapat diubah menjadi energi yang bisa mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak. Sehingga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Menurut ahli dari Natural News and Science, minyak kelapa dapat meningkatkan sensitivitas dari insulin dan toleransi glukosa dari waktu ke waktu. Minyak kelapa membantu mengatur level gula darah dan melindungi terhadap resistensi insulin. Bahkan, minyak kelapa dapat membantu dalam pencegahan diabetes tipe II.

7. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang dilansir pada laman Natural news and Science, lemak pada minyak kelapa tidak memiliki dampak negatif sedikitpun pada kolesterol. Faktanya, minyak kelapa dapat membantu meringankan profil kolesterolmu. Selain itu, minyak kelapa dapat mencegah serangan jantung dan stroke serta mampu mengobati penyakit jantung. Nah, itulah tuju manfaat dari minyak kelapa, tunggu apa lagi? Yuk, segera gunakan minyak kelapa sebagai sumber alami nutrisi sesuai dengan kebutuhanmu.